Rabu, 08 Juni 2016

Honda accord 2004 mesin di gas gak bisa jalan

       Bengkel mobil injeksi pada kesempatan kali ini akan berbagi informasi dengan anda para sobat sekalian. Di kesempatan ini akan saya share tentang kasus yang terjadi pada mobil honda accord 2004 , ketika mesin hidup dan gigi masuk 1 kemudian pedal gas di injak namun mobil tidak mau jalan. Awalnya pemilik mengeluhkan hal ini seperti mesin kekurangan suplai bensin.

       Langsung saja saya lakukan scaner pada modul komputer si mobil, dan hasilnya benar terdapat kode kerusakan di sistem injeksi mobil. kode kerusakan itu mengarah pada sensor VSS (vehicle speed sensor). Anehnya coba anda nalar, apa hubungannya sensor pada spedo meter mobil honda ini dengan mesin di gas tidak mau jalan. Padahal secara teori umum perbengkelan jika sensor spedo ini bermasalah kemungkinan yang terjadi adalah mobil tetap bisa di jalankan namun hanya spedo meternya saja yang tidak jalan (spedo yang bergerak ketika mobil jalan), tapi ini malah mobil di gas gak mau jalan seperti gigi los gitu.

        Setelah saya analisa lagi ternyata sensor VSS (vehicle speed sensor) ini di gunakan oleh ECU mesin mobil untuk mengetahui kondisi jalanan yang di tempuh kendaraan. Apakah jalan yang di lalui mobil menanjak / menurun / datar ? Alur kerjanya jika jalanan yang di lalui menanjak maka perbandingan putaran RPM mesin terhadap speed laju mobil akan cenderung lebih besar RPM mesin dan kevacuman di ruang manifol menjadi lebih kecil dan sudut bukaan throttel lebih besar. Dari kondisi ini ECU akan mengenali bahwa mobil dalam kondisi jalan menanjak/beban besar, yang pada akhirnya durasi penyemprotan bbm di perpanjang agar menambah tenaga.

     Jika jalanan yang di lalui menurun / turun dari dataran tinggi / turun gunung misalnya , maka perbandingan putaran RPM mesin terhadap speed laju mobil akan cenderung lebih besar speed laju mobil dan kevacuman di ruang manifol hisap menjadi lebih besar dan sudut bukaan throttel lebih kecil. Dari kondisi ini ECU yang sudah terprogram akan mengenali bahwa mobil dalam kondisi jalanan menurun, sehingga ECU akan memperpandek durasi penyemprotan atau bahkan di stop sama sekali bbm nya.

   Dari alur kerja sistem injeksi di atas peranan sensor speed kendaraan (VSS) di gunakan ECU untuk mengetahui kondisi jalan yang di lalui apakah menanjak atau menurun. Khusus pada mobil honda yang di lengkapi sensor VSS (vehicle speed sensor) jika sensor ini bermasalah maka kejadian yang sering muncul adalah mobil di gas gak mau jalan, padalah pedal gas masih memakai kolor seling dan belum memakai dinamo/listrik dc untuk menggerakkan throttel.

      Bagi sobat sekalian yang mengalami kasus pada mobilnya, silakan hubungi saya di no hp 085655086483 Arif . Atau datang langsung ke bengkel markas kita di daerah krian-sidoarjo. jangan sungkan untuk sekedar berkonsultasi, karena pasti saya layani by phone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar