Jumat, 10 Juni 2016

AVANZA-XENIA RPM IDLE TIDAK STABIL


     Pagi sobat sekalian, pada kesempatan kali ini bengkel mobil injeksi akan berbagi informasi dengan anda. Khusus bagi kalian pemilik mobil sejuta umat Avanza-Xenia saya share disini. Pada hari kamis kemarin bengkel mobil injeksi kedatangan pasien Daihatsu xenia, kasus yang di keluhkan oleh pemilik mobil adalah RPM mesin pada saat idle tidak stabil, bisa dikatakan jarum rpm mesin gerak naik turun ketika idle dan tidak bisa panteng diam di angka 750 RPM.

      Setelah buat janjian untuk ketemu di markas bengkel mobil injeksi, mobil langsung saya lakukan scan pada modul komputer si mobil. ternyata tidak terdapat DTC/ data troubel code. Namun dalam pengamatan scaner pada Mode data list di menu ISC duty ratio terdapat kejanggalan. Kejanggalan yang kita maksud adalah data pembukaan ISC saat mesin idle jika di bandingkan dengan data acuan standart terjadi perbedaan. Pada data stream saat mobil hidup tercatat 17 % namun di data acuan standart adalah 6 % sampai dengan 14%. ini merupakan perbedaan yang tidak seharusnya terjadi.

      Kebetulan di markas bengkel mobil injeksi ada mobil xenia yang lama opname , coba kita pinjamkan sebentar ISC valve dan kita pasangkan sementara di mobil. Lalu kita hidupkan mesin, ternyata mesin langsung sembuh dan RPM panteng diam di 750 RPM. Pemilik mobil saya sarankan untuk mengganti ISC valve yang harganya sekitar 250 rb. Setelah kita pasang dengan yang baru akhirnya mobil normal kembali.

       Bagi sobat sekalian yang mengalami masalah serupa, silakan bisa hubungi saya di no 085655086483 (mas Arif). Jangan sungkan-sungkan untuk berkonsultasi mengenai masalah anda. atau bisa juga datang ke markas bengkel mobil injeksi di Krian-sidoarjo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar