Senin, 27 Juli 2015

KIA RIO IDLE MESIN MATIAN DAN TIDAK BERTENAGA

      Pagi sobat, bengkel mobil injeksi kali ini akan membahas kasus pada mobil kia rio mesin suka mati dan tidak bertenaga. 2 hari yang lalu pagi sekitar jam 08.00, saya menerima telp dari seorang ibu yang beralamat di krian. dia hendak mengecek kan mesin mobilnya kia rio yang suka mati pada rpm bawah dan mesin tidak bertenaga. beliau sempat kesasar dan akhirnya telp saya. setelah mendapat penjelasan posisi tempat saya akhirnya datang juga.

     Begitu datang saya coba nyalakan sobat, dan memang benar pas saya starter mesin nyala tapi langsung mati jika tidak di gas kira-kira 2000 rpm atau di atasnya. Setelah itu saya lakukan self diagnosis, lho kok gak di scan sih? itu karenan sistem injeksi mobil kia rio masih menggunakan OBD 1, jadi metode membaca DTC bisa di lakukan dengan menjumpel DLC. Ketika dilakukan self diagnosis muncul kode DTC (data trobel kode) 34 dan 56 yang mengarah  kepada ISC valve sebagai tersangkanya. Lalu saya lakukan pengecekan sirkuit ISC valve dan aktuatornya. hasil pemeriksaan ternyata menunjukkan bahwa aktuator ok tidak masalah dan yang menjadi sebab adalah sirkuit/kabel-kabelnya yang bermasalah. ada 1 kabel yang putus, walaupun pas di urut sambungan kabelnya tidak ada yang putus. akhirnya metode tusuk jarum pada kabel di lakukan. dan wal hasil ketemu, ternyata putus dalam tembaga kabel tapi pembungkus kabel tidak ikut putus. setelah dilakukan penyambungan mobil di stater, sembuh tuh penyakit.

    Bagi sobat sekalian yang mengalami masalah serupa seperti yang saya uraikan di atas, silakan bisa datang ke tempat saya di daerah sekitar krian-sidoarjo-jawa timur. untuk lebih jelasnya silakan hubungi di no hp 085655086483 (arif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar