Rabu, 22 Juli 2015

AVANZA DAN XENIA VVT-I INJEKTOR KOTOR TENAGA MESIN LEMOT

    Bengkel mobil injeksi kali ini mau berbagi pengalaman dan info sobat. Kasusnya begini, tadi siang saya mendapat telepon dari seseorang pemilik Daihatsu Xenia VVT-I tahun 2007 1000 cc. Pemilik mengeluhkan mobilnya waktu dingin / pagi / setelah di pakai dan berhenti sekitar 10 menit  lalu di stater, mesin terasa bergetar berlebihan dan ketika di gas respon mesin jadi lemot. Yang lebih parahnya, setelah di stater pada pagi hari mesin berguncang keras seperti mau mati, pas di gas rpm malah jatuh di 300 rpm kayak mau mati gitu.

    Mendengar keluhan itu pemilik mobil saya persilakan datang ke bengkel atau ke rumah juga boleh (di bengkel hari sabtu-kamis dan di rumah hanya melayani hari jumat). Pas tiba di bengkel langsung saja saya scan modul komputer si mobil. Dan alhasil terdapat DTC / data trobel kode P0130. DTC ini mengarah pada sensor O2 yang menempel di manifold buang. Trobel ini banyak sekali indikasi kerusakan yang perlu di pastikan sumber kerusakannya, antara lain :
1. sistem bahan bakar
2. sistem pemasukan udara
3. sistem pengapian.
   Satu demi satu saya amati nilai data pada layar laptop ketika terhubung dengan komputer si mobil.



Pada layar monitor laptop saya mencurigai pada sensor O2 yakni pada kolom O2SB1S1 dan O2FTB1S1 terasa janggal. Langsung saja saya ambil keputusan untuk membongkar injektor dan membersihkannya dengan Ultrasonic cleaner. setelah selesai dan di coba jalan penyakit sembuh total. perlu juga diketahui bagi pemilik mobil yang berteknologi injeksi VVTI, V-TECH, IDSI, VVT dll. injektor pada mesin wajib di bersihkan, karena di dalam injektor terdapat filter tersendiri. jika telat dibersihkan akan menyumbat aliran bahan bakar yang berujung pada tenaga mesin menurun.

    Bagi sobat sekalian yang mengalami hal serupa, silakan saja langsung datang ke tempat saya. bengkel (sabtu-kamis) jl. gub sunandar ds sidomulyo kec krian Sidoarjo atau datang kerumah alamat Ds kedongwonoerto rt1 rw3 kec prambon Sidoarjo . untuk lebih jelasnya hub. 085655086483 (arif)


































Tidak ada komentar:

Posting Komentar