Senin, 26 Desember 2016

Honda Jazz mesin Mbrebet


                       Pagi sobat sekalian, kali ini bengkel mobil injeksi berkesempatan untuk berbagi pengalaman kasus yang sudah kami pecahkan permasalahannya dan kami mempunyai solusi pada trobel ini. Berangkat dari permasalahan yang sering terjadi pada mobil honda jazz, yang saya maksud disini adalah honda jazz GD3/sebelum honda jazz RS. Kasus yang saya maksud adalah mesin honda jazz yang mbrebet, mbrebet ini kadang di ikuti dengan indikator mesin/cek engine warna kuning di dasbor menyala terus ketika mesin hidup.Namun kadang hanya mesin mrebet saja tanpa di ikuti indikator cek engine warna kuning di dasbor nyala.
                      Penyebab masalah ini adalah mobil tersebut keseringan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat bagi mesin alias tidak SNHJ (standart nasional honda jazz), yang saya maksud dengan makanan yang tidak sehat bagi mesin adalah mengkonsumsi BBM premium biasa yang ber oktan 88. Saya sebagai mekanik berani menyatakan ini karena beberapa hal antara lain :

    A. Dilihat dari spesifikasi pabrikan honda

           Dari data manual servis honda jazz, mobil ini memiliki rasio perbandingan kompresi yang cukup tinggi yakni 10:1. maksudnya adalah volume udara dan bbm yang di hisap mesin yaitu 10 bagian, lalu dari 10 bagian ini akan di mampatkan/di tekan menjadi 1 bagian. jika bbm yang di konsumsi mesin ber oktan 88, bisa dipastikan campuran bbm-udara di ruang bakar akan sering mengalami terbakar sendiri sebelum busi memercikan api. hal ini akan menimbulkan daya ledak di atas piston akan memaksa piston turun sebelum mencapai TMA, dan peristiwa ini akan memunculkan bunyi nglitik/ tik tik tik pada piston karena berbenturan dengan dinding silinder. selain itu sisa gas buang pada knalpot yang banyak mengandung timbal akan mengganggu kinerja sensor oksigen pada knalpot.

    B. Dari Pengalaman saya sebagai Mekanik.
            Sekitar sepuluh tahun saya menekuni dunia perbengkelan,jika saya menemui kasus semacam ini, saya tanyakan kepada pemilik mobil BBM yang sering di pakai akhir-akhir ini apa ? mereka semua menjawab sering memakai premium biasa/ bbm beroktan 88.


        Untuk mengatasi masalah mbrebet ini pada honda jazz adalah dengan memantau sistem injeksi dengan alat scan. jika tidak terdapat kerusakan komponen injeksi, cukup dengan membersikan sistem bahan bakar dan sistem pemasukan udara. namun jika di layar alat scan menunjukkan adanya kerusakan sistem injeksi maka perlu dilakukan penggantian komponen yang rusak itu. saya sangat sering menemukan kasus mesin mbrebet pada honda jazz ini dan trobel terselesaikan. Bagi anda di wilayah sidoarjo -mojokerto yang memiliki trobel semacam ini pada honda jazz nya silakan datang ke tempat saya. bengkel saya berlokasi di daerah sekitar prambon-krian kabupaten sidoarjo. Hubungi saya di no HP 085655086483.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar