Rabu, 04 Mei 2016

Avanza-xenia mesin tidak mau hidup

Image result for gambar avanza



   Pagi sobat sekalian, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman dengan anda semua. Kali ini kasus yang saya share di sini adalah berkenaan dengan si kembar Avanza-xenia. Seminggu yang lalu bengkel mobil injeksi menangani kasus ini. Ada seorang pemilik mobil avanza yang menelepon saya dan mengatakan mobilnya Mogok di rumah.

     Setelah buat janjian dan saya datang kerumah pemilik avanza itu. Ketika tiba di rumah dia bercerita bahwa mobilnya sebelumnya tidak ada gejala-gejala yang mencurigakan. ketika di pakai bepergian baru keluar dari pagar rumah mobil tiba-tiba mogok. dan di stater gak mau hidup tu mesin mobil. Sudah beberapa bengkel di panggil kerumah tapi belum ada hasil sama sekali , mobil tetap tidak bisa hidup.

      Pemilik mobil menirukan ucapan montir sebelumnya bahwa mobilnya ECU nya yang rusak. Lalu saya balik bertanya kepada pemilik mobil apa sudah di lakukan Scan komputer si mobil, dan dia bilang belum. Kata montir sebelumnya bahwa pengapian dari busi tidak keluar dan yang mengatur pengapian adalah ECU  jadi Dia berpendapat bahwa ECU nya yang rusak dan harganya juta an rupiah kalau ganti. Dalam hati saya bergunam, Kok montir berani mengatakan kalau ECU nya yang rusak padahal belum di lakukan Scan pada Modul ECU.
 
     Langsung saja saya lakukan scan pada mobil yang berkomputer tersebut, ternyata dalam komputer tercatat DTC P0335 yang mengarah pada sensor as kruk. sebelum saya putuskan untuk mengganti sensor as terlebih dahulu saya lakukan pengecekan kabel-kabel dan hal-hal yang berhubungan dengan sensor as kruk. Ternyata kabel dari sensor askruk ada yang cacat, terlihat seperti bekas gigitan tikus dan mengelupas yang akhirnya nempel body/ground/massa. Setelah kabel saya perbarui dan coba steter mobil mau menyala dan normal lagi.

     Bagi sobat sekalian yang mengalami masalah serupa pada mobilnya silakan hubungi saya di no 085655086483 (ARIF) atau datang langsung ke alamat bengkel kita di Jl. gub. sunandar ds. sidomulyo kecamatan krian kabupaten sidoarjo. KHUSUS HARI JUMAT BISA DI PANGGIL DATANG KE TEMPAT ANDA ASALKAN LOKASI TERJANGKAU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar