Senin, 25 Januari 2016

suzuki apv boros gara-gara pengapian kurang maksimal.

                    sore sobat sekalian, kali ini bengkel mobil injeksi berbagi pengalaman pada pembaca semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman pada sobat semua kasus yang terjadi mobil suzuki apv. malam kemarin lusa saya mendapat keluhan dari pemilik mobil SUZUKI APV yang merasa sangat boros / minum bbm.

                    setelah saya sarankan datang ke bengkel untuk dilakukan cek up akhirnya datang. langsung saja saya lakukan scan modul komputer si mobil. namun yang muncul di layar alat scan komputer mobil tidak terdapat DTC /data kerusakan. lalu saya buka kap mesin yang di bangku tempat duduk. mesin saya start , sambil mesin hidup saya amati kelainan pada mesin. pas posisi idle mesin getar-getar tidak stabil. akhirnya saya menemukan jawabannya sobat. saya lakukan pengecekan pada sistem pengapian, ternyata percikan bunga api di busi tidak bisa membakar habis campuran udara+bbm.

                    Dari temuan ini bisa di jelaskan bahwa, jika percikan bunga api tidak mampu membakar semua campuran udara + bbm di dalam ruang bakar maka kandungan o2 /oksigen dalam gas buang akan lebih tinggi jika dibandingkan gas buang pada keadaan normal. nah jika kandungan o2/oksigen lebih tinggi dari biasanya, maka sensor yang nempel di knalpot/sensor oksigen akan mendeksinya bahwa campuran udara +BBM kurus. maka tugas sensor oksigen melaporkan ke ECU/ECM bahwa kondisi campuran udara+bbm lebih banyak udaranya. Padahal ini terjadi karena campuran udara+BBM tidak terbakar sempurna dikarenakan api yang di percikkan sistem pengapian lemah. walaupun keadaan yang sebenarnya begitu, ECU/ECM tetap akan menyuruh injektor untuk menyemprotkan bbm lebih banyak lagi. dan ini terjadi secara terus menerus. sudah pasti hal ini menyebabkan konsumsi bbm jadi boros.

                 setelah di ganti komponen pengapian yang bermasalah, konsumsi bbm jadi normal lg. bagi sobat sekalian yang memiliki masalah serupa pada mobilnya, silakan hubungi saya langsung di no 085655086483 atau datang langsung ke bengkel dg alamat. jl. gub sunandar ps no 1ds. sidomulyo kec. krian kab.sidoarjo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar