Minggu, 09 April 2017

Dtc P1601 Toyota diesel gara-gara ganti nozel/ injektor dan ecu

                     Selamat pagi sobat sekalian, kali ini bengkel mobil injeksi akan berbagi kasus pada kalian semua pembaca setia bengkel mobil sidoarjo. Kasus yang kemarin saya alami ini terjadi pada mobil toyota. Dan tidak menutup kemungkinan mobil toyota anda barangkali mengalami nasib yang serupa. Kasus ini sering kali  terjadi ketika pada mobil diesel yang sudah berteknologi common rail ketika ganti nozel/ injektor dan juga kadang ganti ecu.

                     Kasus ini bisa juga terjadi ketika anda membeli mobil diesel berteknologi commonrail namun  ecu nya tidak ada dan anda belikan sendiri, maka data kerusakan P1601 akan muncul. walaupun dilakukan reset terhadap ECU, hasilnya akan sia-sia. Karena sistem komunikasi mobil injeksi toyota diesel yang menganut commonrail memerlukan komunikasi data yang unik antara ecu dan injektor/nozel. Komunikasi ini perlu di dukung dengan kode yang tertera/tercetak di kepala nozel yang berteknologi commonrail. Kode ini perlu di registrasikan kedalam Eeprom progran di dalam ECU mobil toyota diesel. Tujuannya agar tercipta komunikasi yang sinkron antara ECU dengan nozel yang sudah berteknologi commconrail. berikut di bawah ini kami tampilkan foto kode kompensasi yang tercetak di kepala nozel dan kode kompensasi yang sudah ter registrasi di dalam ECU.












            Apa yang terjadi jika kode kompensasi ini tidak di registrasikan ke dalam ECU? Mesin mobil memang bisa hidup, tapi ketika pedal gas di injak mesin tidak ada sama sekali, suara mesin jadi semakin kasar dari biasanya/pada umumnya mobil diesel yang sudah berteknologi commonrail. Mesin akan cepat rusak (metal, boring, piston, ring piston) dengan kata lain usia mesin akan pendek. Hal ini dikarenakan solar yang disemprotkan tidak sesuai dengan kebutuhan mesin, dan suhu dalam ruang bakar akan tinggi dan merusak komponen mesin.
            Bagi sobat yang bermasalah dengan mobil dieselnya seperti yang saya ceritakan ini/ perlu untuk meregistrasikan kode kompensasi nozel ke dalam ECU, silakan hubungi saya ARIF di 085655086483  saya berlokasi di daerah prambon-krian kabupaten SIDOARJO
















 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar