Senin, 21 Maret 2016

DAIHATSU GRAND MAX - LUXIO OVERHEAT/TEMPERATUR PANAS

Image result for gambar grandmax

                Pagi sobat sekalian, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya kepada anda semua tentang penyelesaian kasus yang saya alami kemarin pada daihatsu grand max/luxio yang overheat/temperatur panas. Kemarin ada seorang pemilik daihatsu grand max datang ke bengkel markas saya di sekitar krian. Beliaunya pemilik mobil bilang, katanya mobilnya sejak kemarin temperatur mesin sangat panas dan panasnya melebihi separo jarum temperatus. Saya balik tanya, seberapa jarum penunjuk panas menunjuk, beliau bilang hampir menyentuh huruf H yang terdapat pada jarum temperatur paling atas. Padahal radiator sudah di bersihkan/kuras/sogok radiator dan dinamo motor kipas radiator baru ganti tapi masalah tetap saja muncul.

                 Kemudian saya tanya lagi, apakah mobilnya pernah kehabisan air? beliau jawab katanya awal kejadian over heat beliau langsung berhenti dan mendinginkan mesin beberapa jam lalu setelah dingin dia buka tutup radiator dan air nambah satu botol air mineral kecil, kira-kira 600 ml. lalu dilanjut pulang. Dan prosesnya begitu sampai 3 kali berhenti karena takut silinder head melengkung.

                Saya lakukan pengecekan dan akhirnya saya putuskan untuk lakukan pembersihan dalam sistem pendingin mesin. setelah proses pembersihan sistem pendingin mesin selesai saya hidupkan mesin dan colokin alat scan komputer mobil. Melalui monitor alat scan komputer mobil ini saya pantau besaran temperatur panas mesin. pada awal stater temperatur mesin menunjukan 78 derajad C. Setelah mesin hidup kira-kira 15 menit panas mesin menjadi 95 derajad C, lalu kemudian di angka 98 derajad C kipas radiator menyala dan temperatur mesin turun menjadi 90 derajad C jarum temperatus panas mesin yang ada di dasboard mobil tidak sampai separoh. Kejadian ini berulang ulang, jadi dapat di simpulkan ketika temperatur di kisaran 95-98 derajad C kipas radiator akan menyala dan setelah temperatur turun di 90 derajad C kipas akan mati otomatis dan kejadian ini berulang terus menerus selama mesin hidup dengan tujuan agar temperatur mesin tidak menyentuh angka 100 Derajad C. Karena jika suhu mesin mencapa 100 derajad C, air pendingin dalam mesin akan menguap menjadi uap dan akan memenuhi ruang dalam sistem pendingin dan pada akhirnya akan tumpah melaluia tabung tandon/cadangan air di sebelah radiator.

                Bagi sobat sekalian yang mengalami masalah seperti ini, silakan datang langsung ke bengkel kita yang bermarkas di jl gub. sunandar ds. sidomulyo kecamatan krian kabupaten sidoarjo. atau bisa hubungi di no 085655086483 (arif). untuk biaya jasa dan ancer-ancer lokasi saya silakan langsung telp/sms aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar