Minggu, 24 September 2017

HONDA CITY RPM NAIK TURUN KETIKA AC NYALA

                Sudah lama ni, kita belum mengeluarin share terbaru berkenaan dengan troubel yang kita hadapi. Memang sih, beberapa kesempatan kita kali ini adalah berkutat pada brand mobil honda dan toyota. tapi akhir-akhir ini memang yang masuk ke bengkel kita memang toyota dan honda. dan kali ini saya juga hendak membahas kasus yang terjadi pada honda city. mobil ini berbekal mesin yang sama dengan honda jazz.

              Kasus yang terjadi pada honda city kemarin adalah RPM naik turun ketika ac dinyalakan, jadi ketika ac di ON kan, RPM mobil akan naik turun di sekitar 800 - 600 rpm. Padahal ini belum pernah terjadi sebelumnya. Masalah ini terjadi setelah habis di servis / tune up khususnya setelah pembersihan throttel body. Hal ini memang wajar dan logis karena throttel body merupakan pusat dari pernafasan mesin. jika udara yang masuk ke dalam mesin tidak terukur oleh sensor pengukur udara masuk dengan tepat, maka hal ini yang sering terjadi. kebanyakan mekanik langsung menuduh isc / iac yang berfungsi mengatur idle atau langsam mesin sebagai penyebabnya. Padahal belum tentu itu yang menjadi penyebabnya.

         Pada kasus di honda city kemarin, yang terjadi adalah sensitifitas sensor pengukur udara berkurang/melemah. Setelah dilakukan pembersihan pada komponen sensor tersebut, maka mobil normal kembali. Namun jika sensor sudah rusak tidak dapat di bersihkan lagi. indikasi yang jelas ketika sensor di bersihkan namun setelah bersih dan di pasang pada mobil, gejala masih muncul juga, ini perlu di lakukan penggantian sensor.

            Tapi ingat, jangan melakukan penggantian sebelum ada kejelasan dari sistem. cara untuk mendapatkan kejelasan dari sistem injeksi adalah dengan scan komputer. di menu alat scaner bisa di tampilkan nilai semua sensor atau aktuator, bisa juga di lakukan pengetesan tanpa melepas komponen, tapi melalui alat scan tersebut. sangat menguntungkan jika anda bekerja dengan alat bantu scaner.
         Bagi anda pemiliki mobil honda yang mengalami masalah serupa, silakan datang ke tempat kami di sekitar krian-prambon kabupaten sidoarjo, bisa menghubungi saya di no HP / WA 085655086483 mas Arif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar