Minggu, 29 November 2015

sedan timor rpm dro ketika AC dinyalakan


                         Pagi sobat semua, kali ini bengkel mobil injeksi akan berbagi informasi mengenai kasus yang di hadapi beberapa hari yang lalu. kasusnya begini sobat, waktu senin lalu ada pemilik mobil sedan timor datang. si empunya mobil mengeluhkan rpm mobilnya yang selalu drop ketika AC dinyalakan.
        
                       Langsung saja tanpa basa-basi saya lakukan pengecekan pada sistem pengindraan udara. lalu mobil di coba di beri beban dengan AC di nyalakan. ternyata rpm tu mobil memang drop sampai di angka 400 an gitu. saya menyimpulkan beberapa penyebab dari masalah ini. karena ketika di cek ternyata sumber tegangan dari soket aktuator ISC ternyata ada sebesar 5 volt. namun kita belum menyarankan pemilik mobil untuk mengganti Aktuator ISC, karena harganya lumayan menguras kantong (sekitar 700 -950 rb tergantung toko yang jual untuk cari untung). secara teori ada penyebab selain aktuator ISC rusak.

                        Pada kasus yang dulu, penyebab yang mungkin dari itu semua adalah pasokan bahan bakar terhambat, karena ketika AC dinyalakan mesin butuh Bahan bakar lebih banyak dari kondisi normal (tidak pakai AC) sehingga jika distribusi bbm tersendat maka tenaga mesin kurang untuk mengangkat beban berupa kompresor AC, sehingga RPM menjadi drop saat AC dinyalakan. Dalam hal ini filter-filter yang kita maksud. filter bensin pada sedan timor terbagi menjadi 2 . Pertama terdapat di saluran bensin antara tangki dan injektor. dan yang kedua terdapat di dalam injektor itu sendiri. untuk itu filter bensin perlu di bersihkan, bahkan jika sangat kotor kita sarankan di ganti. lalu untuk injektor kita lakukan pembersihan dengan ultrasonic cleaner.

                        Setelah semua terpasang kita lakukan uji coba, ternyata kali ini mesin tetap drop ketika AC dinyalakan. lalu kita sarankan pada pemilik mobil untuk mengganti Aktuator ISC. Setelah di pasang ISC baru mesin langsung sembuh dari RPM drop ketika AC dinyalakan.

                       Bagi sobat semua yang mengalami masalah serupa silakan hub saya di no. 085655086483 arif atau datang ketempat kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar